Jumat, 20 Januari 2012

Latar Belakang memilih Usaha Batik


Latar Belakang memilih Usaha Batik


Batik sebagai salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia mempunyai nilai yang tinggi dan abadi sepanjang masa. Namun tetap harus dilakukan upaya untuk melestarikannya. Berdasarkan kecintaan pada batik, Batik Erna Collection berupaya untuk mengangkat batik untuk menjadi bagian penting dalam dunia fashion saat ini, yaitu dengan menciptakan kreasi batik dalam bentuk desain produk yang lebih up to date, dengan tetap memperhatikan makna dari batik tersebut. Dan selain itu Batik Erna Collection juga membuat produk-produk lainnya yang mendukung produk batik, seperti kebaya, maupun kerajinan yang terbuat dari bahan batik.
Batik Erna Collection memulai produksi dari industri rumahan (home Industry), dengan memperkerjakan anak-anak yang baru saja lulus dari sekolah menengah kejuruan terkait, sehingga mereka dapat langsung mempraktekkan ilmu yang telah mereka dapatkan tanpa harus bersusah payah dan bersaing mencari lowongan pekerjaan. Selain dapat mempraktekkan ilmunya, mereka pun dapat lebih mengembangkan dan menambah wawasan pengetahuan mereka dengan selalu berusaha menciptakan kreasi-kreasi yang baru. Dengan didukung oleh seorang tenaga Ahli yang berdasarkan pendidikan dan pengalamannya yang cukup matang di bidang tekstil dan garment, produk Batik  Erna  Collection dikerjakan dengan menggunakan teknik menjahit yang baik, sehingga merupakan produk yang juga unggul dalam hal kualitasnya.
Batik  Erna  Collection juga sangat mengutamakan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Sehingga pelanggan Batik Erna Collection tidak hanya dapat memperoleh desain yang baru, unik, berbeda dan lebih baik kualitasnya dari produk batik yang lain, tetapi juga mendapatkan pelayanan yang memuaskan pelanggan.
Penjualan yang dijalankan selama ini berawal dari adanya tempat khusus Program Pusat Batik yang diadakan di sebuah pusat perbelanjaan yang cukup strategis karena berlokasi di dekat kawasan perkantoran.  tidak hanya di Batang dan Pekalongan, tetapi banyak juga berasal dari daerah-daerah lain .
Selain penjualan pada showroom tersebut, Batik  Erna Collection juga melakukan upaya jemput bola, dengan mencari dan mengerjakan pesanan-pesanan seragam dari berbagai instansi, seperti beberapa cabang bank Mandiri, bank Mega, Perpustakaan Nasional RI, sekolah-sekolah, partai politik dan organisasi lainnya. Dan cara ini berhasil meningkatkan jumlah pelanggan dan angka penjualan Batik Gadis Collection.
Mengamati minat pasar pada penjualan selama ini, Batik  Erna Collection akhirnya ingin mencoba menembus pasar di daerah-daerah Indonesia lainnya, dan juga pasar ekspor ke luar negeri, baik merupakan penjualan secara langsung, maupun tidak langsung (melalui agen). Namun hal ini tidaklah mudah jika dijalankan tanpa adanya dukungan dari instansi-instansi yang terkait.
Berdasarkan seluruh pemikiran itulah Batik  Erna Collection ingin mengajukan usaha ini untuk mendapatkan dukungan instatnsi-instansi pemerintah maupun dari perusahaan swasta agar dapat lebih mengembangkan usaha Batik  Erna Collection.

1 komentar: