Latar
Belakang memilih Usaha Batik
Batik sebagai salah satu kekayaan budaya bangsa
Indonesia mempunyai nilai yang tinggi dan abadi sepanjang masa. Namun tetap
harus dilakukan upaya untuk melestarikannya. Berdasarkan kecintaan pada batik,
Batik Erna Collection berupaya untuk mengangkat batik untuk menjadi bagian
penting dalam dunia fashion saat ini, yaitu dengan menciptakan kreasi batik
dalam bentuk desain produk yang lebih up to date, dengan tetap memperhatikan
makna dari batik tersebut. Dan selain itu Batik Erna Collection juga membuat
produk-produk lainnya yang mendukung produk batik, seperti kebaya, maupun
kerajinan yang terbuat dari bahan batik.
Batik Erna Collection memulai produksi dari industri
rumahan (home Industry), dengan memperkerjakan anak-anak yang baru saja lulus
dari sekolah menengah kejuruan terkait, sehingga mereka dapat langsung
mempraktekkan ilmu yang telah mereka dapatkan tanpa harus bersusah payah dan
bersaing mencari lowongan pekerjaan. Selain dapat mempraktekkan ilmunya, mereka
pun dapat lebih mengembangkan dan menambah wawasan pengetahuan mereka dengan
selalu berusaha menciptakan kreasi-kreasi yang baru. Dengan didukung oleh
seorang tenaga Ahli yang berdasarkan pendidikan dan pengalamannya yang cukup
matang di bidang tekstil dan garment, produk Batik
Erna Collection dikerjakan
dengan menggunakan teknik menjahit yang baik, sehingga merupakan produk yang
juga unggul dalam hal kualitasnya.
Batik
Erna Collection juga sangat mengutamakan
pelayanan yang baik kepada pelanggan. Sehingga pelanggan Batik Erna Collection
tidak hanya dapat memperoleh desain yang baru, unik, berbeda dan lebih baik
kualitasnya dari produk batik yang lain, tetapi juga mendapatkan pelayanan yang
memuaskan pelanggan.
Penjualan yang dijalankan selama ini berawal dari
adanya tempat khusus Program Pusat Batik yang diadakan di sebuah pusat
perbelanjaan yang cukup strategis karena berlokasi di dekat kawasan
perkantoran. tidak hanya di Batang dan Pekalongan, tetapi banyak juga berasal dari daerah-daerah lain .
Selain penjualan pada showroom tersebut, Batik
Erna Collection juga melakukan upaya jemput bola, dengan mencari dan mengerjakan
pesanan-pesanan seragam dari berbagai instansi, seperti beberapa cabang bank
Mandiri, bank Mega, Perpustakaan Nasional RI, sekolah-sekolah, partai politik
dan organisasi lainnya. Dan cara ini berhasil meningkatkan jumlah pelanggan dan
angka penjualan Batik Gadis Collection.
Mengamati minat pasar pada penjualan selama ini, Batik
Erna Collection akhirnya ingin mencoba menembus pasar di daerah-daerah
Indonesia lainnya, dan juga pasar ekspor ke luar negeri, baik merupakan
penjualan secara langsung, maupun tidak langsung (melalui agen). Namun hal ini
tidaklah mudah jika dijalankan tanpa adanya dukungan dari instansi-instansi
yang terkait.
Berdasarkan seluruh pemikiran itulah Batik
Erna Collection ingin mengajukan usaha ini untuk mendapatkan dukungan instatnsi-instansi pemerintah maupun dari perusahaan swasta agar dapat lebih
mengembangkan usaha Batik
Erna Collection.
woiiii
BalasHapus